Jumaat, Februari 19, 2010

Al-Matsnawi An-Nuri - Menyibak Misteri Keesaan Ilahi

Badiuzzaman Said Nursi
RM69.50
Anatolia

Kitab al-Matsnawi termasuk buku pertama Said Nursi. Karena itu kita menemukan akar-akar pemikirannya di sini. Setiap pemikiran yang terdapat dalam buku ini—yang laksana janin, tunas, atau salah satu tetesan pemikirannya yang bersinar—pada masa sesudahnya menjadi sungai yang mengalir, air terjun, kebun yang seluruh sisinya dihiasi bunga mawar, atau seperti hutan yang dipenuhi pepohonan tinggi dengan dahan dan daunnya yang rindang. Ia menggerakkan semua sisi keimanan, pemikiran, dan perasaan yang halus kepada para teman dan koleganya, serta menanamkan rasa takut dan kecemasan kepada para musuh.

Dari tarikan nafas pertamanya yang ia hembuskan ke dalam jiwa kita hingga menggugahnya serta ke dalam kalbu di mana di dalamnya ia menggambarkan sejumlah pengertian baru yang bersinar seraya menggali sejumlah goresan yang terang, kami persembahkan beberapa contoh sebagai satu tetes dari lautan, satu kilau mentari, atau satu jejak dari alam wujud yang memantul dalam perasaan kita yang di sana terdengar gemanya:

Hakikat terbesar di dunia dalam pandangan Badiuzzaman dan dalam pandangan setiap pemikir muslim adalah hakikat iman dan hakikat tauhid. Seluruh wujud dalam sistem pemikiran Badiuzzaman ibarat alat tenun yang merangkai hakikat tauhid, mengukir berbagai pengertian ilahi sedikit demi sedikit, serta menyusun satu gambar yang indah. Merasakan hakikat yang memiliki substansi komprehensif ini di mana ia menyerap tujuan ilahi dan masuk ke dalam cabang yang paling kecil berikut intepretasinya sesuai makrifat ilahiah merupakan bentuk hakikat tauhid. Ia adalah pemahaman tauhid yang dimiliki masyarakat secara umum sebelum masuk ke dalam detil-detilnya yang mengantarkan kepada keyakinan.

Beli di:
http://fajarilmubaru.com.my

Tiada ulasan:

Catat Ulasan