Jumaat, Mac 27, 2009

Biografi 10 Imam Besar

Entah bagimana nasib umat ini, tanpa bimbingan ulama dan qudwah hasanah dari orang-orang soleh. Ya, mereka adalah pewaris para nabi, -bukan dinar, rupiah atau dolar-kepada mereka umat ini dititipkan. Banyak orang yang telah mati dan ulama pun ikut beranjak wafat kembali ke haribaan Rabbnya. Namun, masing-masing menyisakan jejaknya, karena memang kematian adalah kepastian bagi setiap yang bernyawa. Yang jelas, jejak rahmat dan kebaikan telah diwariskan para ulama, mereka adalah insan yang sangat memahami nidup ini sebenarnya untuk apa, mereka sosok-sosok langka yang pernah dilahirkan dari embrio sejarah Islam.

Berapa umur mereka? tidak begitu panjang, namun hari-hari yang dilewati itu sarat dengan manfaat dan kebaikan yang selalu dikenang oleh banyak orang, dan mungkin salah satu sebabnya juga bahwa keikhlasan begitu mendalam terpancang di dasar hati mereka. Potret indah tentang pencarian ilmu sangat layak dijajaki. Bagi mereka, ilmu adalah puncak kenikmatan. Imam Syafie pernah mendendangkan sebuah bait syair dalam diwannya, "Goresan-goresan pena bagiku, lebih indah dan lezat dari kecupan seorang gadis belia."

Buku 'Biografi 10 Imam Besar' ini, akan memutar ulang perjalanan sepuluh imam besar yang sangat berpengaruh dalam sejarah Islam, berbicara tentang pribadi mereka dengan sangat deal, mulai dari kelahiran, konsep pemikirannya, karya dan guru-guru, perjalanan mendulang ilmu, interaksi dengan orangtua dan penguasa di zamannya, untaian nasehat, sampai pada saat-saat terakhir menjemput kematian.

Biografi dan kisah para imam yang disebutkan di dalam buku ini ialah Imam Abu Hanifah, Imam Malik bin Anas, Imam Syafie, Imam Ahmad bin Hanbal, Ibnu Hazm, Hasan al-Basri, Al-Laits bin Sa'ad, Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayyim dan Imam Syaukani. Kenali mereka dari dekat dengan membaca buku ini, semoga cahaya ilmu dan mereka, moga-moga bisa terbias dalam diri anda.

Beli di:
http://www.fajarilmubaru.com.my

Tiada ulasan:

Catat Komen