Isnin, Januari 10, 2011

Ringkasan Bidayah Wa Niyahah - Ibnu Katsir

Judul Asli: Mukhtasar Bidayah wa Nihayah
Judul Terjemah: Ringkasan Bidayah wa Nihayah, Ibnu Katsir
Peringkas: Dr. Ahmad al-Khani
Halaman: 928

Kitab al-Bidayah wa Nihayah, adalah kitab sejarah karya ulama besar Ibnu Katsir Rahimahullah yang merupakan kitab sejarah terlengkap, dimulai dari Sejarah Awal Mula Penciptaan, Kisah Para Nabi, Kisah umat-umat terdahulu, Sejarah Nabi Muhammad saw dan Khulafa’ Rasyidin, Daulah Umawiyah dan Abasiyah, hingga peristiwa sampai 768 Hijriah dimana Ibnu Katsir hidup di zaman itu.

Tentu saja kitab itu sangat banyak jumlahnya berjilid-jilid sehingga menyulitkan bagi penuntut ilmu untuk meneliti secara perlahan peristiwa demi peristiwa satu persatu.

Adalah DR. Ahmad al-Khani, ahli sejarah Islam dari negeri Syria, berusaha meringkas kitab ini. Kitab yang dihasilkannya jauh berbeda dibanding kitab-kitab ringkasan pada umumnya. Kitabnya mampu mengumpulkan buah-buah yang telah dipetiknya, laksana udara baru dan segar, yang sarat dengan makna.

Keistimewaan-keistimewaan yang paling menonjol dari kitab ini adalah:

  1. Dalam ringkasan ini seluruh haditsnya sudah di takhrij, demikian pula materi dan syair-syairnya.
  2. Penulis telah mengetengahkan kejadian-kejadian yang sangat penting bagi pembaca, dengan bahasa sastera yang mudah difahami
  3. Satu kejadian yang ditampilkan berbagai versi oleh Ibnu katsir, diringkas dan disajikan dengan sangat sederhana.
Sudah barang tentu kitab ini diperlukan untuk memenuhi koleksi perpustakaan peribadi anda dan juga para penuntut ilmu lainnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan